Menu
ARIF CAHYADI

Format Pembukaan Rekening Siswa Kartu Jakarta Pintar

Teman ada kiriman contoh format pembukaan rekening siswa untuk Kartu Jakarta Pintar (KJP) dari Kepala Seksi Sumber Belajar Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. File tersebut dapat di unduh  disini

Unduh Format Pembukaan Rekening Siswa - KJP_2.xls (server 1); atau

Unduh Format Pembukaan Rekening Siswa - KJP_2.xls (server 2)


File tersebut dalam format MS Excell 2003, terdiri dari 60 kolom di mana operator hanya mengisi mulai dari kolom 10 s.d 60, sedangkan kolom 1 s.d 10 diisi oleh pihak bank.

Teman ada kiriman contoh format pembukaan rekening siswa untuk Kartu Jakarta Pintar (KJP) dari Kepala Seksi Sumber Belajar Bidang SMK Dinas...
Arif Cahyadi Kamis, 28 Februari 2013
ARIF CAHYADI

Lubang hitam

 
Baru-baru ini para menemukan adanya bintang-bintang mereka yang disebut dengan lubang hitam,

Baru-baru ini para menemukan adanya bintang-bintang mereka yang disebut dengan lubang hitam, yang memiliki ciri khas pada tiga sifat: 1 - tidak terlihat (tampak). 2 – bergerak  pada kecepatan tinggi. 3 - menarik segala sesuatu yang dekat kepadanya selalu menyapu halaman langit. Bahkan para ilmuwanpun menyebutnya dengan pembersih alam semesta, dan yang menakjubkannya lagi bahwa hal tersebut telah disebutkan dalam Al Qur'an, yaitu firman Allah:
 
َفلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ * الْجَوَارِ الْكُنَّسِ
“Sungguh, aku bersumpah dengan bintang-bintang,  yang beredar dan terbenam”. (At-Takwir:: 15-16]. Kata "al-khunnas" berarti tidak nampak. Dan "al-jiwar" adalah yang bergerak, sedangkan "al-kunnas" yang menyapu dan menarik segala sesuatu oleh adanya gravitasi yang sangat kuat untuk itu. Bukankah ayat ini mewakili keilmiahan Al-Qur'an?
--------------------
Oleh: Abduldaem Al-Kaheel
www.kaheel7.com/id

  Baru-baru ini para menemukan adanya bintang-bintang mereka yang disebut dengan lubang hitam, ...
Arif Cahyadi Senin, 25 Februari 2013
ARIF CAHYADI

Gambar dan bukti ilmiah: piramida dibangun dari tanah liat


Kebenaran ilmiah yang telah diterbitkan dalam abad kedua puluh satu telah disebutkan dalam Alquran sejak empat belas abad yang lalu ….
Kebenaran ilmiah yang telah diterbitkan dalam abad kedua puluh satu telah disebutkan dalam Alquran sejak empat belas abad yang lalu ... mari perhatikan gambar dan videonya ....
Dalam waktu lama para ilmuwan kebingungan karena mereka tidak mampu menemukan rahasia dari konstruksi dan bahan bangungan... dan dalam waktu lama pula umat manusia memandang bahwa banguan itu adalah sebuah teka-teki yang membingungkan ... dalam waktu lama para penulis menyusun tulisannya tentang bangunan tersebut yang hanya sebuah legenda dan dongeng belaka...namun akhirnya, kebenaran mulai muncul dan melalui penelitian ilmiah modern ... Ia adalah piramida.
Penelitian terbaru mengatakan bahwa piramida dibangun dari tanah liat dan panas! Dan yang sangat menakjubkan adalah bahwa Alquran telah mengungkap fakta ini dengan sangat jelas sesuai dengan ungkapan Firaun saat itu... namun sebelum ini, mari kita merenungkan apa yang para ilmuwan temukan baru-baru ini...
Dalam edisi tanggal (1 Desember 2006) Koran Amerika Times menerbitkan berita ilmiah yang mengkonfirmasi bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramida! Menurut penelitian Amerika-Perancis menyebutkan bahwa batu yang digunakan untuk membuat darinya piramida, sebelumnya telah dilemparkan di bawah kayu lalu dipanaskan sehingga membentuk batu keras yang hampir normal.
Para ilmuwan mengatakan bahwa Firaun mahir dalam ilmu kimia dan mengelola tanah liat dan metode yang mereka gunakan masih menjadi rahasia dan tidak diizinkan untu diakses atasnya atau terkodifikasi pada nomor yang mereka tinggalkan. Profesor Gilles Hug, dan Michel Profesor Barsoum menegaskan bahwa Piramida yang palign besar di Giza itu terbuat dari dua jenis batu: batu alam dan batu-batu yang dibuat secara manual.
Dan dalam penelitian yang dipublikasikan oleh majalah “Journal of American Ceramic Society” menegaskan bahwa Firaun menggunakan jenis tanah slurry Firaun untuk membangun monumen yang tinggi secara umum, dan membangun piramida pada khususnya. Karena tidak mungkin bagi seseorang untuk mengangkat batu berat ribuan Kilogram, dan inilah yang membuat Firaun menggunakan batu alam untuk membangun dasar
Piramida, dan lumpur dibakar untuk diletakkan di tempat yang paling tinggi.
Setelah berhasil mencampur lumpur kapur di tungku perapian yang dipanaskan dengan uap air garam dan berhasil membuat uap air darinya sehingga membentuk campuran tanah liat, maka akan dilakukan template diatas kayu dan dituangkan dalam tempat yang disediakan di dinding piramida.
Profesor Davidovits telah mengambil batu piramida yang terbesar untuk dilakukan analisis dengan menggunakan mikroskop electron terhadap batu tersebut dan menemukan jejak reaksi cepat yang menegaskan bahwa batu terbuat dari lumpur, sedangkan ahli geologi sampai baru-baru ini, belum memiliki kemampuan untuk membedakan antara batu alam dan batu buatan dengan metode ini, tetapi hari ini mereka bisa membedakan berkat teknologi modern,
oleh karena itu professor kembali membuat batu besar dengan metode ini dalam waktu sepuluh hari.
Seorang ilmuwan Belgia Guy Demortier yang sebelumnya dalam waktu yang lama mempertanyakan keabsahab penelitian ini berkata: Setelah bertahun-tahun melakukan riset dan studi sekarang saya baru yakin bahwa piramida yang terletak di Mesir dibuat dengan menggunakan tanah liat.
Firaun dalam membangun piramida menggunakan sejumlah besar batu sampai dengan 2-2,8 juta batu, studi baru juga mengatakan bahwa beberapa arkeolog Mesir membantah bukti-bukti ilmiah baru-baru ini, dan mereka menyatakan bahwa orang Mesir kuno memiliki kemampuan mengangkat jutaan batu yang beratnya sekitar lima atau enam ribu kilogram!  Itu menurut majalah Times America.
http://www.timesonline.co.uk/tol/news/world/europe/article656117.ece
Seorang Profesor Prancis Joseph Davidovits telah melakukan eksperimen selama dua puluh tahun lamanya dan menemukan bahwa piramida dibangun dari lumpur, terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.
Ini adalah Analisis gambar secara elektronik terhadap batu Piramida terbesar seperti yang disajikan oleh situs terkenal tentang biologi.
This colorized scanning electron microscope image shows the pyramid's "innercasing" limestone, including amorphous silica (red) that cements the limestone aggregates (black) together. Credit: Michel Barsoum, Drexel University. http://www.livescience.com
Sebuah penelitian yang luas tentang piramida Bosnia, "Piramida Matahari" dan menjelaskan bahwa batu-batunya terbuat dari tanah liat! Ini menegaskan bahwa metode ini tersebar luas di masa lalu. (Gambar dari batu piramida).
Sebuah gambar yang digunakan dalam casting batu-batu kuno piramida matahari mengalir di Bosnia, dan kebenaran ilmiah mengatakan bahwa sangat jelas bahwa metode tertentu pada pengecoran batu berasal dari tanah liat telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dalam peradaban yang berbeda baik Rumania atau Firaun!
Keajaiban Al-Qur'an mendahului penemuan ilmiah
Banyak ayat-ayat Al-Qur’an menunjukkan fakta bahwa bangunan piramida dan bangunan lain dari bangunan yang tinggi, dalam hal ini Allah berfirman:
وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ مَا عَلِمْتُ لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرِي فَأَوْقِدْ لِي يَا هَامَانُ عَلَى الطِّينِ فَاجْعَلْ لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَطَّلِعُ إِلَى إِلَهِ مُوسَى وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ مِنَ الْكَاذِبِينَ
“Dan berkata Fir'aun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat  kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta". (Al-Qashash:38)
Dalam ayat ini menunjukkan tentang teknologi konstruksi yang digunakan untuk bangunan tinggi sebuah monumen seperti firman Allah: “buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi”
dan kata bangunan secara bahasa adalah setiap bangunan tinggi.
Teknik ini didasarkan pada lumpur dan panas seperti dalam ayat:
“Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat”
Subhanallah! Ada bukti yang menunjukkan bahwa patung-patung raksasa dan tiang-tiang yang ditemukan dalam peradaban Rumania dan yang lainnya juga dibangun dari tanah liat! Dapat dikatakan: Bahwa keajaiban Al Qur'an menunjukkan bahwa cara untuk membangun bangunan-bangunan dari tanah liat dan ini yang tidak diketahui pada waktu turunnya Alquran,
Ini berarti menunjukkan bahwa ide bangunan piramida, monumen, patung dan benda-benda antik lainnya dari tanah liat, tidak datang hanya di akhir abad dua puluh, namun Al Qur'an telah menyebutkannya sebelum empat belas abad yang lalu! Namun kenapa harus ke Firaun, karena bangunan terbesar yang dibangun dari tanah liat adalah piramida!
Siapa yang memberitahukan kepada Nabi saw berita ini?
Firaun mungkin bukanlah sosok yang telah membangun piramida ]karena ia meninggal karena tenggelam, namun ia menggunakan teknik rekayasa bangunan ketika membuat sampai monumen dan kemudian dihancurkan oleh Tuhan setelah itu, dan karenanya sebagai pintu integritas ilmiah, Al-Quran adalah kitab pertama yang  mengungkapkan rahasia bangunan piramida, bukan para  Ilmuwan Amerika dan Perancis. Pertanyaannya adalah:
Kita tahu bahwa Nabi saw tidak pergi ke Mesir dan tidak pernah melihat piramida, bahkan mungkin tidak pernah mendengar tentangnya ... dan Kisah Firaun, terjadi sebelum masa Nabi saw ribuan tahun yang lalu, dan tidak ada satupun di muka bumi ini pada waktu itu yang mengtahui tentang rahasia piramida ... dan para ilmuwan tidak yakin bahwa Firaun menggunakan tanah liat dan panas untuk membangun monumen tinggi kecuali beberapa tahun belakangan ini, maka dari itu, bagaimana Nabi saw sebelum 1400 tahun yang lalu memberitahukan bahwa Firaun menggunakan tanah liat dan panas untuk membangun monumen ...
Ayat ini sangat jelas dan kuat membuktikan bahwa nabi Muhammad saw tidaklah membawa apapun dari padanya tetapi Allah yang menciptakan Firaun dan menenggelamkannya, dan Dia pula yang menyelamatkan nabi Musa ... Dan Dia pula yang memberitahukan kepada Nabi-Nya akan hakikat ilmiah ini, dan ayat ini menjadi saksi kebenaran kenabiannay pada zaman modern ini!!
--------------------
Oleh: Abduldaem Al-Kaheel

Referensi:

1-             http://www.signonsandiego.com/uniontrib/20080508/news_1c08pyramid.html
2-             http://www.signonsandiego.com/uniontrib/20080508/news_1c08pyramid.html
3-             http://www.davidovits.info/78/davidovits-pyramid-theory-worldwide
4-             http://www.geopolymer.org/news/cutting-edge-analysis-proves-davidovits’-pyramid-theory
5-             http://www.timesonline.co.uk/article/0,,13509-2480751,00.html
6-             http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
7-             http://www.welt.de/data/2006/11/30/1129891.html
8-             http://www.livescience.com/history/070518_bts_barsoum_pyramids.html
9-             http://www.piramidasunca.ba/en/index.php/STONE-BLOCKS-FROM-THE-BOSNIAN-PYRAMIDS-ANALIZED-RESULT-ANCIENT-CONCRETE.html
10-          http://dsc.discovery.com/news/2006/12/08/pyramids_arc.html?category=archaeology&guid=20061208120000
11-          http://www.newscientist.com/channel/being-human/mg19225812.900-concrete-evidence-in-gizas-pyramids.html
12-          Herodotus, The Histories, Oxford University Press, 1998
13-          Davidovits, J. and Morris, M, The Pyramids, Dorset Press, 1988
14-          Pyramids were built with concrete rather than rocks, scientists claim, http://www.timesonline.co.uk/tol/news/world/europe/article656117.ece, December 1, 2006
15-          Concrete evidence in Giza's pyramids, http://www.newscientist.com/channel/being-human/mg19225812.900-concrete-evidence-in-gizas-pyramids.html
16-          http://dsc.discovery.com/news/2006/12/08/pyramids_arc.html?category=archaeology&guid=20061208120000
17-          http://www.materials.drexel.edu/Pyramids/
18-          MIT Class Explores Controversial Pyramid Theory With Scale Model, http://www.azom.com/default.asp, April 3rd,2008.
19-          http://www.romanconcrete.com/index.htm
20-          http://www.sciencedaily.com/releases/2006/12/061209122918.htm
21-          The Enigma of the Construction of the Giza Pyramids Solved?, Scientific British Laboratory, Daresbury, SRS Synchrotron Radiation Source, 2004.
22-          http://www.boston.com/news/local/articles/2008/04/22/a_new_angle_on_pyramids/?page=1
23-          http://www.geopolymer.org/archaeology/pyramids/are-pyramids-made-out-of-concrete-1
24-          http://www.geopolymer.org/archaeology/pyramids/pyramids-2-the-evidences
25-          Barsoum, M. W., Ganguly, A. and Hug, G. Microstructural Evidence of Reconstituted Limestone Blocks in the Great Pyramids of Egypt, Journal of the American Ceramic Society 89 (12), 2006.

Kebenaran ilmiah yang telah diterbitkan dalam abad kedua puluh satu telah disebutkan dalam Alquran sejak e...
Arif Cahyadi
ARIF CAHYADI

Pergerakan Thawaf Dan Fenomena Alam Semesta


“Mengerjakan Haji adalah kewajiban Manusia terhadap Allah, yaitu bagi yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Dan barang siapa kafir, sesungguhnya Allah Mahakaya dari seluruh Alam Semesta”                (QS. Ali Imron : 97)

“Thawaf disekitar Baitullah adalah seperti Shalat, hanya saja kalian boleh berbicara, hendaklah ia tidak berbicara kecuali yang baik-baik”

(HR. At-Tirmidzi)

Dalam Islam, ketika seseorang sedang thawaf di sekitar kaabah, maka ia memulai dari Hajar Aswad, dan gerakannya harus berlawanan dengan arah jarum jam.


Hal itu adalah penting mengingat segala sesuatu di alam semesta dari atom hingga galaksi itu bergerak berlawanan dengan arah jarum jam.


alam semesta bertawaf. Pergerakan thawaf dan fenomena alam semesta

Begitu juga peredaran darah manusia mulai gerakan berlawanan dengan arah jarum jamnya. Perputaran bumi pada porosnya dan di sekeliling matahari juga secara berlawanan dengan arah jarum jam.


Pergerakan thawaf dan fenomena alam semesta

Kemudian akan Kami tunjukkan tanda-tanda kekuasaan Kami pada alam dan dalam diri mereka, sampai jelas bagi mereka bahwa ini adalah kebenaran”. (QS. An Fusilat : 53)

Matahari dengan semua sistemnya mengelilingi suatu titik tertentu di dalam galaksi dan semuanya berputar berlawanan dengan arah jarum jam.

Sementara itu, jika dilihat orang-orang yang thawaf di sekeliling kaabah tidak putus-pIni membuktikan kota Mekah adalah kota suci tertua dan sebagai simbol tamadun peradaban umat manusia serta ibadah dan sebagai pusat bumi atau dunia seperti direkamkan dalam al-Quran dan hadis-hadis Nabi SAW.sumber tus sepanjang masa mengelilingi kaabah, siang dan malam berterusan tidak henti-hentinya, sampai ke akhir zaman.

Ini membuktikan kota Mekah adalah kota suci tertua dan sebagai simbol tamadun peradaban umat manusia serta ibadah dan sebagai pusat bumi atau dunia seperti direkamkan dalam al-Quran dan hadis-hadis Nabi SAW.




Sumber : http://metalblogku.blogspot.com/2012/01/pergerakan-thawaf-dan-fenomena-alam.html

“Mengerjakan Haji adalah kewajiban Manusia terhadap Allah, yaitu bagi yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Dan barang siapa kaf...
Arif Cahyadi Sabtu, 16 Februari 2013
ARIF CAHYADI


Guampang bangetlah pokoknya, ga sulita sama sekali....akurrr???

Nah pilih deh sesuka hati kamu ya...

Tuh...tuh...tuh.....



Coblos aja sesuka hatimu, yang terpilih ga akan bikin sakit hati, beda sama saat kamu milih partai dalam pemilu, dipilih, lalu ga aspiratif, maka sesegera mungkin didemo dan diturunkan...he he he....









































































































































































































Tuh Kode Warnanya Deh :

Guampang bangetlah pokoknya, ga sulita sama sekali....akurrr??? Nah pilih deh sesuka hati kamu ya... Tuh...tuh...tuh..... Coblos ...
Arif Cahyadi Selasa, 12 Februari 2013
ARIF CAHYADI

Data Siswa Calon Penerima Kartu Jakarta Pintar Tahun 2013


Data Siswa Calon Penerima Kartu Jakarta Pintar Tahun 2013 per Kota Administrasi :
1. Jakarta Pusat, silahkan (download disini,) File Excel, Size 19.804 kb
2. Jakarta Utara, silahkan (download disini,) File Excel, Size 42.696 kb
3. Jakarta Barat, silahkan (download disini,) File Excel, Size 37.007 kb
4. Jakarta Selatan, silahkan (download disini,) File Excel, Size 29.809 kb
5. Jakarta Timur, silahkan (download disini,) File Excel, Size 41.870 kb
6. Kepulauan Seribu, silahkan (download disini,) File Excel, Size 1.290 kb

Data Siswa Calon Penerima Kartu Jakarta Pintar Tahun 2013 per Kota Administra...
Arif Cahyadi Minggu, 10 Februari 2013
ARIF CAHYADI

Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik


Pengecekan data seperti ini memanglah sangat penting dan sangat fatal akibatnya bila Guru/Pegawai PNS yang sudah Sertifikasi maka tidak akan cair bila Data-datanya kurang lengkap, oleh karena itu untuk memahami lebih jauh mengenai hal ini, kami akam membagie Cara Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik di bawah ini:

1. Ketik : http://116.66.201.163:8083/info.php


Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik

2. Lalu akan muncul Halaman Log in (Masuk) seperti gambar di bawah ini:

Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik

Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802

Jika login gagal, akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form.

Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik belum ter-import ke basis data.

3. Setelah memasukan Nomor NUPTK dan Tanggal Lahir maka akan muncul seperti ini:

Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik

4. Silahkan di lihat baik-baik apa saja yang kurang dan perhatikan Warna Merah:

Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik

Keterangan : Warna Merah itu yang Fatal maka harus di lengkapi secepatnya.

Wajib Baca:
* Mohon pastikan alamat e-mail pada Data Dikdas terisi dengan benar, karena link/tautan untuk konfirmasi data akan dikirim melalui e-mail.
----------------------------------------------------------------
** Bila ada Poin Nomor yang belum Valid alias warna merah berarti harus di lengkapi.
----------------------------------------------------------------
*** Jika: Poin nomor xx, xx, tidak dipenuhi, ini berakibat PTK bersangkutan tidak memenuhi syarat untuk menerima Tunjangan Profesi DLL.

Demikian informasi seputar Cara Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik semoga bermanfaat buat Anda semuanya.
_____________________

Untuk mengecek data anda dapat di-klik disini

Pengecekan data seperti ini memanglah sangat penting dan sangat fatal akibatnya bila Guru/Pegawai PNS yang sudah Sertifikasi maka tidak a...
Arif Cahyadi Selasa, 05 Februari 2013
ARIF CAHYADI

Cara Cek Dapodik Sekolah

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan

Untuk mengetahui data sekolah sudah terkirim atau sudah diterima oleh server caranya yaitu :

- Buka http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
- Kemudian pada menu Beranda, lihat table report progress pendataan pendidikan dasar 2012
- Cari propinsi yang sesuai, lalu klik tanda plus (+) pada samping kiri nama propinsi, maka akan terbuka daftar nama kabupaten, kemudian klik lagi tanda plus pada kabupaten untuk melihat daftar kecamatan, lalu klik lagi tanda plus pada nama kecamatan maka akan terlihat nama-nama sekolah yang ada pada kecamatan tersebut, lalu cari nama sekolah kita, apabila sudah diterima maka aka nada keterangan tanggal diterima dan statusnya, jika tertulis berhasil diproses berarti sudah diterima server, jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.
Selanjutnya jika data sudah berhasil diproses, kita dapat mengakses data sekolah secara online dengan cara :

- Buka http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
- Maka akan muncul gambar seperti ini



- Kemudian isi username dan password operator sekolah.(ingat username dan password ketika membuka aplikasi (software) pendataan sekolah)
- Jika username dan password benar, maka akan tertulis “login berhasil, tunggu sebentar”
- Setelah dapat membuka, maka tampilan seperti pada aplikasi pendataan, menu terdiri dari Beranda, Sekolah, dan Register Pengiriman.
- Untuk melihat data sekolah, data PTK, dan data siswa klik menu Sekolah di sebelah kiri atau klik Tab Data Sekolah pada bagian atas.
- Untuk menampilkan data, klik nama sekolah kita yang tercantum pada daftar sekolah
- Lalu kita dapat menampilkan data sekolah, daftar sarpras, daftar rombel, daftar siswa, dan daftar PTK dengan mengklik satu persatu tab yang berada pada bagian bawah.
- Jika data tidak tampil pastikan nama sekolah di klik terlebih dahulu.
Sebagai perhatian, bahwa isi data pada web sepenuhnya menjadi tanggung jawab operator sekolah, maka pergunakanlah sebaik-baiknya dan simpan username dan password jangan sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, karena data ini merupakan milik sekolah.

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan...
Arif Cahyadi
ARIF CAHYADI

Status Keterangan Pengiriman Data Dapodik Sekolah

Status Keterangan Pengiriman Data Dapodik Sekolah - Sering muncul
pertanyaan "Data kami belum diproses" atau "Data sudah kami masukkan,
tapi kenapa belum diupate" dan lain sebagainya. Perlu dijelaskan bahwa,
proses inputan data yang dilakukan melalui dapodik tidak langsung selesai
hari itu juga. Ada proses yang dilewati sampai data tersebut bisa diakses.
Mungkin dibawah ini sedikit kami coba mengartikan maksud dari status
pengiriman tersebut:

1. Belum terkirim : sudah jelas.
2. Diterima via web : ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kabkota. Jadi file
    sekolah diunggahkan/diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
3. Diterima via aplikasi : Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung
    dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah
    berhasil di simpan di server. Namun data2nya belum dimasukan ke
    database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
4. Cek Konversi : Tahapan kedua, data sudah di cek oleh server apakah
    data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru.
    Nanti server yang akan memilah-milahnya
5. Berhasil di proses : Tahapan ketiga, data yang telah diinput semuanya
    sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus)
6. Berhasil di proses dengan Pengecualian : data yang telah di input
    Tidak semuanya berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat :
    masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll.
    Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama
    tidak masalah.
7. Sekolah terkena cleansing : data sekolah yang telah dikirim masuk
    ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung meng-
    hubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak
    diterima karena akan dihapus oleh server.
8. Sqlite error : ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan
    sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja
    kirim ulang data lagi.

Semoga penjelasan yang sedikit ini dapat dimengerti

Status Keterangan Pengiriman Data Dapodik Sekolah - Sering muncul pertanyaan "Data kami belum diproses" atau "Data sudah kam...
Arif Cahyadi
ARIF CAHYADI

Fakta tentang asteroid 2012 DA14


Selasa, 5 Februari 2013 12:33 WIB |
Konsep artis tentang gambaran asteroid yang mendekati Bumi. (NASA)
Jakarta (ANTARA News) - Berikut fakta tentang asteroid 2012 DA14 yang akan mendekat ke Bumi pada 15 Februari 2013 seperti dikutip dari laman resmi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

1. Asteroid 2012 DA14 adalah obyek dekat Bumi dengan diameter sekitar 45 meter dan masa sekitar 130.000 metrik ton.

2. Asteroid 2012 DA14 ditemukan oleh La Sagra Sky Survey yang dioperasikan oleh Astronomical Observatory of Mallorca di Spanyol pada 23 Februari 2012. Jarak asteroid ini sekitar 4,3 juta kilometer saat dideteksi.

4. Pelintasan asteroid 2012 DA14 tahun 2013 sampai sekarang merupakan perlintasan asteroid yang terdekat dengan Bumi dalam beberapa dekade. Perlintasan asteroid dekat dengan Bumi lagi akan terjadi pada 16 Februari 2046, saat asteroid melintas tidak lebih dekat dari sejuta kilometer dari pusat Bumi.

5. Asteroid 2012 DA 14 melakukan perjalanan dengan kecepatan sekitar 28.100 kilometer per jam dan akan mencapai titik terdekat dengan Bumi pada 15 Februari 2013 atau 16 Februari 2013 sekitar pukul 02.26 WIB.

6. Saat mendekati Bumi, asteroid akan melintas di atas bagian timur Samudera Hindia, selepas Sumatera, mendekati posisi -6 derajat Lintang Selatan dan 97,5 derajat Bujur Timur.

7. Asteroid 2012 DA14 hanya akan mencapai jarak 27.700 kilometer di atas permukaan Bumi pada 15 Februari 2013. Jarak itu berada di luar atmosfer Bumi, tapi di dalam sabuk orbit satelit, yang berada sekitar 35.800 kilometer di atas permukaan Bumi. Jarak terdekat lintasan asteroid itu hanya 1/10 dari jarak Bumi dan bulan.

8. Saat melintasi Bumi, asteroid 2012 DA14 akan terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang. Asteroid itu bisa dilihat menggunakan teropong atau teleskop. Asteroid akan bisa dilihat dari beberapa bagian di Eropa, Afrika dan Asia, itu pun tergantung kondisi cuaca lokal. Asteroid itu akan terlihat bergerak relatif cepat melintasi langit dari selatan ke utara.

9. Asteroid 2012 DA14 akan berada dalam sistem Bumi/bulan selama 33 jam.

10. Pelintasan asteroid DA14 tidak akan mempengaruhi Bumi. Karena orbitnya dia tidak ada peluang tabrakan dengan Bumi.Tapi kalau ada asteroid lain berukuran sebesar 2012 DA14, asteroid itu bisa mengeluarkan sekitar 2,5 megaton energi ke atmosfer dan menyebabkan kerusakan. Kondisi semacam itu terjadi tahun 1908 di Tuguska, Siberia, saat sebuah asteroid berukuran sekitar 30-40 meter meratakan hutan seluar 1.200 kilometer persegi di sekitar Sungai Podkamennaya Tunguska yang sekarang Krasnoyarsk Krai, Russia.

11. Karena lintasannya, tak akan ada peluang asteroid 2012 DA14 melewati bayangan Bumi.

12. Peluang asteroid 2012 DA14 akan mempengaruhi satelit atau pesawat ruang angkasa sangat kecil karena asteroid mendekat dari bawah Bumi, melintas di antara konstelasi satelit luar di geosynchronous orbit (35.800 kilometer) dan konsentrasi satelit yang jauh lebih dekat dengan Bumi. Hampir tidak ada satelit yang mengorbit di jalur yang akan dilewati asteroid.

13. Ilmuwan percaya ada sekitar 500.000 asteroid dekat Bumi yang ukurannya hampir sama dengan asteroid 2012 DA14 dan dari jumlah itu, kurang dari satu persen yang sudah ditemukan.

14. Ilmuwan di Near-Earth Object Program Office NASA di Pasadena, California, memperkirakan asteroid seukuran 2012 DA14 melintas sedekat ini rata-rata setiap 40 tahun dan perlintasan semacam itu bisa mempengaruhi Bumi, tapi hanya sekali setiap 1.200 tahun.

(Sumber : NASA)
Editor: Maryati

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/356671/fakta-tentang-asteroid-2012-da14

Selasa, 5 Februari 2013 12:33 WIB | Konsep artis tentang gambaran asteroid yang mendekati Bumi. (NAS...
Arif Cahyadi
ARIF CAHYADI

Sebuah asteroid mendekati Bumi tengah bulan ini



Senin, 4 Februari 2013 12:28 WIB
Orbit asteroid 2012 DA14. (NASA/JPL Near-Earth Object Program Office/Paul Chodas, Jon Giorgini & Don Yeomans



Jakarta (ANTARA News) - Sebuah asteroid berukuran sekitar 45 meter yang dinamai 2012 DA14 akan melintas sangat dekat dengan Bumi pada 15 Februari dan bisa disaksikan oleh pengamat antariksa di Indonesia pada Sabtu, 16 Februari 2013, sekitar pukul 02.26 WIB.

"Titik terdekat dengan bumi itu hanya berjarak sekitar 21.000 kilometer, di wilayah orbit satelit-satelit GPS," kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Prof Dr Thomas Djamaluddin kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Menurut dia, perlintasan asteroid tersebut tidak akan berdampak apapun pada Bumi, tidak akan mengganggu kerja satelit-satelit di Bumi di orbit.

Tetapi 97 tahun lagi atau tepatnya 16 Februari 2110 asteroid itu diperkirakan akan menumbuk Bumi, kata Thomas Djamaluddin.

Menurut dia, dampak tumbukan asteroid itu ke Bumi kira-kira mirip dengan tumbukan di Tunguska pada 30 Juni 1908. Kala itu tumbukan di Tunguska menghancurkan hutan seluas DKI Jakarta di Siberia.

"Tetapi perhitungan itu berdasarkan data sekarang yang bisa jadi berubah dengan data yang lebih banyak lagi. Namun ini tergolong sebagai asteroid yang mengancam Bumi karena orbitnya yang dekat dengan Bumi," katanya.

Ia menjelaskan, asteroid 2012 DA14 memang baru ditemukan pada 2012 oleh astronom Spanyol, namun karena orbitnya sudah diketahui maka perjumpaan setiap tahunnya sudah bisa diprakirakan.

Para pengamat di Indonesia, kata dia, bisa mendeteksi asteroid itu menggunakan teleskop bila cuaca cerah pada Sabtu dini hari 16 Februari 2013 sekitar pukul 02.26 WIB, saat 2012 DA14 berada pada lintasan berjarak 21.000 kilometer dengan Bumi.

Sebagai perbandingan, jarak bulan dan Bumi sekitar 380.000 kilometer.

Menurut Thomas, astreoid 2012 DA14 akan tampak seperti bintang redup yang melintas relatif cepat dari arah langit Barat Daya menuju Timur Laut dari Bumi pada 16 Februari.

Asteroid secara umum adalah objek Tata Surya yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku yang kebanyakan berada dalam sabuk di antara orbit Mars dan Yupiter.

Namun demikian bagian dalam Tata Surya dipenuhi asteroid liar, yang banyak memotong orbit-orbit planet-planet bagian dalam, termasuk asteroid 2012 DA14 ini yang tergolong asteroid "dekat Bumi", demikian Thomas Djamaluddin.



Sumber: http://www.antaranews.com/berita/356495/sebuah-asteroid-mendekati-bumi-tengah-bulan-ini

Senin, 4 Februari 2013 12:28 WIB Orbit asteroid 2012 DA14. (NASA/JPL Near-Earth Object Program Office/Paul Chodas, Jon Giorgini & ...
Arif Cahyadi Senin, 04 Februari 2013
ARIF CAHYADI

Lubang Hitam Terbesar, 17 Miliar Kali Massa Matahari






HEIDELBERG, KOMPAS.com — Astronom menemukan lubang hitam yang berukuran luar biasa besar. Massa lubang hitam ini 17 miliar kali massa Matahari!

Lubang hitam tersebut berada di galaksi NGC 1277, berjarak 250 juta tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Perseus. Massa lubang hitam itu jauh lebih besar daripada massa lubang hitam di Bimasakti yang hanya 4 kali massa Matahari.

Remco van den Bosch, astronom dari Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg, Jerman, yang memimpin riset terkejut dengan ukuran dan proporsi antara galaksi dan lubang hitam itu.

Biasanya, lubang hitam hanya 0,1 persen dari galaksi. Saat ini, lubang hitam terbesar secara proporsional dengan galaksinya ada di NGC 4486B, 11 persen dari total massa bintang. Massa lubang hitam NGC 1277 lebih besar lagi, 59 persen dari total massa bintang di galaksi itu.

Apa yang menyebabkan lubang hitam itu begitu besar? Sampai saat ini belum ada jawaban yang memuaskan.

"Kami tak menduga adanya sistem ini, tetapi karena bintang bergerak sangat cepat di pusat galaksi, kami tahu ada lubang hitam yang eksis di galaksi kecil ini," kata Bosch seperti dikutip Discovery, Rabu (28/11/2012).

Bosch mengatakan, dengan penemuan ini, astronom tertarik meneliti bagaimana galaksi terbentuk dan seberapa umum sistem itu di alam semesta.

Yang unik, galaksi dan lubang hitam itu seperti hidup dalam damai. Bintang di galaksi itu tak diganggu selama jutaan tahun. Galaksi ini datar, seperti tak ada bintang baru. Jika lubang hitam memakan bintang, pasti material yang dihasilkan akan memicu pembentukan bintang baru.

Bosch menuturkan, lubang hitam dan galaksi kecil itu mungkin terbentuk tak lama setelah Big Bang. Galaksi dan lubang hitam mungkin terbentuk secara bersamaan.

Bosch menambahkan, "Lubang hitam bisa tumbuh tanpa membentuk banyak bintang baru di galaksi. Kami ingin tahu apakah lubang hitam, atau mungkin juga bintang, memainkan peran aktif dalam hal tersebut."

Terkait keunikan sistem galaksi dan lubang hitam ini, Karl Gebhardt dari University of Texas Austin mengatakan, "Hal itu mungkin berarti bahwa galaksi ini menjalani proses evolusi berbeda dengan lainnya. Mungkin juga berarti bahwa kita harus memperbarui pemikiran tentang evolusi galaksi dan lubang hitam."


Sumber : DISCOVERY
Editor   : yunan

Sumber : Kompas, 29 Nopember 2012, http://sains.kompas.com/read/2012/11/29/12154538/Lubang.Hitam.Terbesar.17.Miliar.Kali.Massa.Matahari



HEIDELBERG, KOMPAS.com — Astronom menemukan lubang hitam yang berukuran luar biasa besar. Massa lubang hitam ini 17 miliar kali massa M...
Arif Cahyadi Minggu, 03 Februari 2013