Manusia Pembelajar
"Jangan pernah berhenti belajar karena kehidupan tidak pernah berhenti mengajar. Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua."

Popular Posts

Sebuah asteroid mendekati Bumi tengah bulan ini



Senin, 4 Februari 2013 12:28 WIB
Orbit asteroid 2012 DA14. (NASA/JPL Near-Earth Object Program Office/Paul Chodas, Jon Giorgini & Don Yeomans



Jakarta (ANTARA News) - Sebuah asteroid berukuran sekitar 45 meter yang dinamai 2012 DA14 akan melintas sangat dekat dengan Bumi pada 15 Februari dan bisa disaksikan oleh pengamat antariksa di Indonesia pada Sabtu, 16 Februari 2013, sekitar pukul 02.26 WIB.

"Titik terdekat dengan bumi itu hanya berjarak sekitar 21.000 kilometer, di wilayah orbit satelit-satelit GPS," kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Prof Dr Thomas Djamaluddin kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Menurut dia, perlintasan asteroid tersebut tidak akan berdampak apapun pada Bumi, tidak akan mengganggu kerja satelit-satelit di Bumi di orbit.

Tetapi 97 tahun lagi atau tepatnya 16 Februari 2110 asteroid itu diperkirakan akan menumbuk Bumi, kata Thomas Djamaluddin.

Menurut dia, dampak tumbukan asteroid itu ke Bumi kira-kira mirip dengan tumbukan di Tunguska pada 30 Juni 1908. Kala itu tumbukan di Tunguska menghancurkan hutan seluas DKI Jakarta di Siberia.

"Tetapi perhitungan itu berdasarkan data sekarang yang bisa jadi berubah dengan data yang lebih banyak lagi. Namun ini tergolong sebagai asteroid yang mengancam Bumi karena orbitnya yang dekat dengan Bumi," katanya.

Ia menjelaskan, asteroid 2012 DA14 memang baru ditemukan pada 2012 oleh astronom Spanyol, namun karena orbitnya sudah diketahui maka perjumpaan setiap tahunnya sudah bisa diprakirakan.

Para pengamat di Indonesia, kata dia, bisa mendeteksi asteroid itu menggunakan teleskop bila cuaca cerah pada Sabtu dini hari 16 Februari 2013 sekitar pukul 02.26 WIB, saat 2012 DA14 berada pada lintasan berjarak 21.000 kilometer dengan Bumi.

Sebagai perbandingan, jarak bulan dan Bumi sekitar 380.000 kilometer.

Menurut Thomas, astreoid 2012 DA14 akan tampak seperti bintang redup yang melintas relatif cepat dari arah langit Barat Daya menuju Timur Laut dari Bumi pada 16 Februari.

Asteroid secara umum adalah objek Tata Surya yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku yang kebanyakan berada dalam sabuk di antara orbit Mars dan Yupiter.

Namun demikian bagian dalam Tata Surya dipenuhi asteroid liar, yang banyak memotong orbit-orbit planet-planet bagian dalam, termasuk asteroid 2012 DA14 ini yang tergolong asteroid "dekat Bumi", demikian Thomas Djamaluddin.



Sumber: http://www.antaranews.com/berita/356495/sebuah-asteroid-mendekati-bumi-tengah-bulan-ini

Pencarian Wikipedia

Hasil penelusuran


Blogger templates

Blogroll

Copyright © ARIF CAHYADI | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com