Manusia Pembelajar
"Jangan pernah berhenti belajar karena kehidupan tidak pernah berhenti mengajar. Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua."

Popular Posts

Terbuka, Sarjana Mendidik Jadi PNS



Peluang Sarjana Mendidik untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) terbuka luas. Sebab, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), merekrut sebanyak 2.630 orang Sarjana Mendidik untuk ditebar ke 34 daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM-3T).

“Kabupaten Biak, misalnya, bagi guru yang ingin kembali ke daerahnya akan diterima dan akan diangkat menjadi PNS/ASN disana. Hal itu disampaikan oleh Bupatinya,” kata Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikti, Supriadi Rustad dalam penjelasanya kepada sejumlah Sarjana Mendidik yang jadi peserta SM-3T di workshop media tentang SM-3T, di Jakarta.

Menurut Supraidi tahun ini pesrta Sarjana Menddidik untuk di daerah T-3 terus meningkat dibanding 2011 yang hanya sebanyak 2.479 orang.

“Kenapa bertambah? Karena kita ekspan ke daerah-daerah yang lain. Misal Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara tetangga, Pulau Nias, Sulawesi Utara, ada tambahan di sana,” kata Supriadi Rustad disela-sela workshop media tentang SM-3T, di Jakarta.

Saat ini, program SM-3T masih berlaku jangka pendek, dimana pesertanya hanya berada di daerah selama satu tahun. Namun demikian, Supriadi menilai banyak manfaat yang diperoleh dari peserta SM-3T sebagai masukan bagi Kemendikbud, terutama tentang kebutuhan pendidikan di daerah 3T tersebut.

Keberadaan Sarjana Mendidik di daerah 3T juga diklaim, selain memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di wilayah pengabdiaannya, total 4996 peserta SM-3T yang turun ke lapangan dalam dua tahun ini juga telah menjadi guru multifungsi.

“Dengan bekal keterampilan mendidik dan disiplin keilmuan memadai, para Sarjana ini juga mampu menginspirasi anak agar mau kembali ke sekolah,” ujar Supriadi.

Diketahui, SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia (MBMI), untuk mempercepat pembangunan pendidikan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Program ini dijalankan sebagai solusi jangka pendek dan jangka panjang.

“Untuk jangka panjang, MBMI menyiapkan ketersediaan pendidik di daerah 3T. Jadi anak-anak berbakat dari daerah 3T diasramakan di LPTK yang sudah disiapkan dalam skema Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi,” jelasnya.

SM-T3 POSITIF

Pengamat Pendidikan, Darmaningtyas mengatakan program SM-T3 dinilai positif untuk melahirkan bibit-bibit guru masa depan. “Program ini bagus untuk mencari bibit calon guru. Ini langkah baru yang harus diapresiasi,” kata Darmaningtyas, di Jakarta.

Katanya, keberadaan program Sarjana Mendidik ini akan mampu melahirkan guru-guru berkualitas. Karena para sarjana tidak langsung diterima begitu saja menjadi guru, tapi harus melakukan praktek mengajar terlebih dulu.

Meski program ini masih baru, kata Darmaningtyas, namun program ini sejalan dengan apa yang dia harap-harapkan dulu, dimana penerimaan guru dilakukan secara selektif.

“Dan program ini akan lahirkan guru kreatif, punya idealisme dan panggilan jiwa yang tinggi. Karena guru akhir-akhir ini lebih banyak mengejar soal materi,” tuturnya.

Sumber : http://www.pengumuman-cpns.com/2013/terbuka-sarjana-mendidik-jadi-pns/#axzz2IrdC0m00

Pencarian Wikipedia

Hasil penelusuran


Arsip Blog

Blogger templates

Blogroll

Copyright © ARIF CAHYADI | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com