Manusia Pembelajar
"Jangan pernah berhenti belajar karena kehidupan tidak pernah berhenti mengajar. Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua."

Popular Posts

Prinsip-prinsip Umum Berpikir dan Memecahkan Masalah


OLEH, IRSYAD DAS, M.PD., KONS.

Lima saran praktis di bawah ini dikembangkan dari prinsip-prinsip umum berpikir dan memecahkan masalah yang dapat digunakan untuk memecahkan situasi bermasalah sehari-hari.

  1. Pahami masalah: dengan cara mempertanyakan apa sebenarnya permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan menjawab apa masalahnya sebenarnya, di mana letak masalahnya, dan bagaimana peta masalahnya, maka kita sampai pada pemahaman terhadap masalah.
  2. Pikirkan masalah secara seksama: dengan memahami masalah kita dapat menentukan berbagai kemungkinan pemecahan yang tepat, serta mengingat kembali pemecahan masalah serupa yang pernah dilakukan sebelumnya.
  3. Kenali semua kemungkinan pemecahannya: kenali dan klasifikasikan beberapa kemungkinan pemecahan yang timbul dari penalaran. Kita dapat membuat dafar kemungkinan pemecahan dari yang paling sederhana sampai kepada yang kompeks.
  4. Temukan strategi pemecahannya: pada langkah ini kita telah memahami situasi yang sebenarnya serta telah mendapatkan kesimpulan yang tepat; pemecahan yang efektif dengan menggunakan suatu pilihan dan pendekatan tertentu.
  5. Evaluasi kemungkinan implementasi pemecahannya: setelah keputusan akhir diambil, evaluasi kembali pilihan itu. Pertimbangkan implementasinya, apakah pilihan tersebut rasional, logis, praktis dan layak? Jika kita sudah berketepatan hati, maka lakukanlah rangkaian tindakan yang harus dilakukan.*
Semua tulisan yang ditulis oleh Drs. Irsyad Das, M.Pd., Kons. bersumber dari daftar bacaan di bawah ini:
DAFTAR BACAAN
Bacaan Utama:
Henry C. Ellis. 1978. Fundamentals of Human Learning, Memory, and Cognition. Dubuque Iowa: Wm C Brown
Company Publishers.
Bacaan Pendukung:
Diane E. Papalia and Sally Mendkos Olds. 1985. Psychology. McGraw-Hill Book Company.
Edrward De Bono. Berpikir Lateral. 1989. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jalaluddin Rakhmad. 1986. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nigel C. Benson dan Simon Grove, Ed: Richard Appignanesi. 1998. (terj: Medina Chodijah, 2000).Mengenal Psikologi For Beginners. Bandung: Mizan.
Sumber : http://konselingindonesia.com/index.php?option=com_content&task=view&id=391&Itemid=1

Pencarian Wikipedia

Hasil penelusuran


Blogger templates

Blogroll

Copyright © ARIF CAHYADI | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com