Menu
ARIF CAHYADI

PPP: Iptek Eliminir Perbedaan Penentuan Satu Syawal

PPP: Iptek Eliminir Perbedaan Penentuan Satu Syawal
Romahurmuzy




Liputan6.com, Jakarta: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai para pemimpin umat Islam dari berbagai kelompok harus duduk bersama untuk menyelesaikan masalah perbedaan penentuan 1 Syawal yang terjadi pada hari ini. Ilmu pengetahuan dan teknologi diyakini dapat mengeliminir perbedaan dan menjadi dasar penyatuan perbedaan.
"Para pemimpin umat Islam ke depan meskipun, hari ini (Selasa 30/8) dan besok (Rabu 31/8) ada yang merayakan Lebaran, maka Lebaran 2012 tak boleh terjadi lagi perbedaan," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Romahurmuzy saat ditemui di kantor DPP PPP, Jakarta, Selasa (30/8).

Menurut Romahurmuzy, seluruh pemimpin umat Islam harus duduk dan bersatu padu menyatukan pendapat sehingga pertemuan tersebut mencapai titik yang merupakan simbol persatuan umat Islam di Indonesia. "Yang diperlukan adalah merendahkan egosentrisme dan menahan hasrat pribadi atas nama apapun," tutur Romy, sapaan akrab Romahurmuzy.


Lantaran menurut Romy, pada dasarnya dalam sebuah wilayah hukum yang sama, seharusnya tak terjadi Hari Raya Idulfitri yang berbeda. "Pemimpin umat memiliki pandangan yang bervariasi terhadap hari raya ini sebaiknya duduk bersama untuk menyepakati satu kriteria (perhitungan 1 Syawal). Jika kriteria itu tidak disepakati, maka perbedaan Lebaran akan terjadi kembali," jelas Romy yang juga merupakan Ketua Komisi IV DPR.(AIS)

Sumber: Liputan6.com

Romahurmuzy Liputan6.com, Jakarta: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai para pemimpin uma...
Arif Cahyadi Selasa, 30 Agustus 2011
ARIF CAHYADI

Cara Membuat Email di Yahoo Mail

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email ini seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah www.mail.yahoo.com, www.mail.google.com, dll. penyedia email biasanya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis. Perbedaan antara layanan yang berbayar dan yang gratis adalah biasanya pada kapasitas ruang untuk penampung surat, dan juga pemberian alamat email. Di bawah ini akan saya jelaskan langkah-langkah cara membuat email gratis : 



Cara Membuat Email Gratis di Yahoo Mail

1. langkah pertama ini tentunya adalah membuka browser kamu dulu (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fire fox, atau pun opera, terserah kamu)… kemudian masukkan alamat urlnya, www.mail.yahoo.com
kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :
2. Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan paswod kamu, lalu klik Sign in. Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunya Id yahoo dan pasword tentunya, maka kamu klik saja menu Sign Up yang berada pada bagian bawahnya menu sign in kadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada Sign up klik pada Create New Account.

sesaat setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.
lalu kamu tinggal masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom  yang telah disediakan. di bawah ini saya beri contoh cara pengisiannya


a. untuk pengisian kolom ‘email alternat’ dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau diisi dengan alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi jika mungkin kamu nanti lupa dengan pasword kamu, maka pasword kamu nanti akan dikirim lewat email alternatif yang kamu masukkan tadi. Untuk pilihan pertanyaan, tinggal pilih saja (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama dengan email verifikasi. Yaitu jika kamu lupa dengan paswod, maka pertanyaan yang kamu pilih tadi akan muncul, dan kamu masukkan jawabn yang kamu buat tadi. b. Masukkan code capta pada kolom yang disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai gampang dibaca.
4. Jika sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ] jika kolom isian formulir telah kamu isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini.  Klik tombol Continue, untuk melanjutkan prosesnya

5. sesaat kemudian akan diarahkan ke kontak masuk emai kamu.. disitu pasti ada satu pesan masuk… isinya dari pihak yahoo.com sendiri, biasanya ucapan selamat datang atau menikmati,

ketika pertama kali masuk email akan ada jendela pertanyaan seperti gambar di bawah ini, Klik tombol  [ I've used email before ]
dan jika masih muncul jendela seperti ini lagi, Klik  Tombol  [x] pada bagian pojok nya.
email, klik pada Inbox, perhatikan pada gambar point nomor 5,  di atas sudah saya beri tanda lingkaran.  setelah kamu klik pada In Box, akan muncul daftar email yang ada di In Box, pada gambar di bawah ini karena baru membuat email, jadi baru ada satu buah email yang masuk.  untuk melihat isi email nya, klik pada pada Subjeknya email yang ingin kamu buka. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.
cara mengirim email, untuk cara mengirim email. klik pada Tombol New, berada di side bar sebelah kanan (perhatikan gambar di bawah ini).
8. setelah kamu klik pada tombol New, sesaat kemudian kamu akan menjumpai kolom untuk menuliskan email kamu., perhatikan gambar di bawah ini. masukkan alamat email teman kamu pada TO ; , kolom CC dikosongkan saja, Subjek sebagai tema atau judul surat, dan kolom paling bawah yang lebar sekali itu untuk menuliskan isi surat atau email yang ingin dikirimkan. jika sudah diisi semua, tekan Tombol Send

9. jika email atau surat kamu terkirim, akan di tandai seperti gambar di bawah ini. di bagian bawah terdapat dua kolom. itu merupakan tawaran, apakah kamu mau menyimpan alamat email yang barusan kamu kirimi surat atau tidak, kalau ya, masukkan nama depan dan nama belakang, kemudian klik OK
10.  jika sudah selesai melakukan aktifitas pada email kamu, Klik pada tombol Sign out sebelum kamu menutup browser  kamu, sebagai antisipasi untuk keamanan akun yahoo kamu.

Alhamdulillah sekarang email kamu sudah jadi.  dan apabila nanti kamu ingin membuka lagi. tahapannya, buka alamat  www.mai.yahoo.com pada browser kamu, entah itu Mozila fire fox atau Internet Explorer. kemudian masukkan alamat email dan password yang kamu buat tadi. kemudian klik Sign In.

perlu diketahui, alamat website atau situs berbeda dengan alamat email.   contoh alamat situs www.ridwanaz.com, sedangkan alamat email  martononingrat@yahoo.com , bukan   www.martono@yahoo.com . karena saya beberapa kali menjumpai seseorang yang ingin membuka email atau mengecek isi emailnya malah memasukkan  seperti ini  www.martononingrat@yahoo.com pada adress bar browser nya, jelas saja yang muncul error. semoga panduan cara membuat email di yahoo di atas dapat kamu pahami, dan tentunya bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya meng...
Arif Cahyadi Sabtu, 20 Agustus 2011
ARIF CAHYADI

Balita yang Sensitif Angka Bisa Lebih Jago Matematika

Vera Farah Bararah - detikHealth

Berbagi informasi terkini dari detikcom


img
(Foto: thinkstock)
Baltimore, Kemampuan matematika ternyata adalah bawaan lahir seseorang. Biasanya anak-anak yang jago matematika sudah memperlihatkan ketertarikannya soal angka atau faktor 'number sense' sejak balita.

Studi terbaru yang dilakukan peneliti dari Johns Hopkins University di Baltimore menuturkan bahwa ada orang yang memang dilahirkan untuk jago atau justru tidak pandai matematika, karena kemampuan matematika terkait dengan faktor bawaan dari lahir dari 'number sense' atau sensitivitas terhadap angka.

Umumnya 'number sense' ini dimiliki oleh semua hewan termasuk manusia. Pada manusia kemampuan ini digunakan untuk memperkirakan berapa banyak jumlah orang atau kursi, sedangkan pada hewan digunakan untuk melacak berapa banyak makanan yang sudah dikumpulkannya.

"Hubungan antara 'number sense' dan kemampuan matematika seseorang adalah suatu hal yang penting," ujar peneliti Melissa Libertus, seperti dikutip dari Healthland.Time, Senin (15/8/2011).

Dalam studi ini peneliti melibatkan 200 anak-anak yang rata-rata berusia 4 tahun. Anak-anak ini diberikan sejumlah tes untuk mengetahui kemampuan matematikanya yang terdiri dari keterampilan penomoran, angka, kemampuan berhitung dan kemampuan lainnya.

Misalnya anak-anak ini diminta menghitung jumlah titik biru dan kuning yang ada di layar komputer dan mencaritahu titik mana yang paling banyak, lalu anak-anak ini juga diminta menentukan mana angka yang lebih besar atau lebih kecil.

Hasil yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Developmental Science menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan skor tinggi dalam menghitung titik juga memiliki hasil yang maksimal dalam ujian matematika lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa kemampuan matematika yang mungkin terkait dengan 'number sense' yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir. Meski begitu peneliti belum mengetahui dengan pasti hubungan yang terjadi tersebut.

Libertus dan rekan berharap hasil ini bisa menjadi titik lompatan untuk melihat lebih dalam apakah pelatihan tertentu bisa meningkatkan 'number sense' yang dimiliki anak sehingga bisa memperbaiki kemampuan matematikanya.

Vera Farah Bararah   - detikHealth Berbagi informasi terkini dari detikcom (Foto: thinkstock) Baltimore,  Kemampuan matematika te...
Arif Cahyadi Selasa, 16 Agustus 2011
ARIF CAHYADI

Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

 Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah kode pengenal satuan pendidikan (sekolah) yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. NPSN adalah kode pengenal yang ditetapkan oleh PDSP dan diberikan kepada satuan pendidikan (sekolah) melalui dinas pendidikan kabupaten/kota diseluruh wilayah Indonesia. Penggunaan NPSN dimaksudkan untuk kemudahan dalam pengelolaan data satuan pendidikan.

Dasar pengembangan NPSN adalah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2008 tentang "Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional", dan Surat Keputusan Kabalitbang Diknas Nomor 3574/G.G4/KL/2009, tanggal 22 Oktober 2009, tentang "Nomor Pokok Sekolah Nasional sebagai nomor unik satuan pendidikan".

Format Nomor

Kode NPSN Indonesia terdiri dari 8 digit angka. NPSN diberikan kepada satuan pendidikan yang masih aktif, di jenjang apapun, mulai TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.
Format Kode NPSN :
X = Kelompok Wilayah
YY = Nomor Kelompok Wilayah
ZZZZZ = Serial

Dengan format NPSN seperti di atas, kode yang dihasilkan pasti (tetap), tidak berubah dalam jangka waktu panjang.
   
Kelompok Wilayah:
        1. Sumatera dan sekitarnya : 1
        2. Jawa dan sekitarnya : 2
        3. Kalimantan dan sekitarnya : 3
        4. Sulawesi dan sekitarnya : 4
        5. Bali - nusa tenggara & sktarnya : 5
        6. Maluku, papua dan sekitarnya : 6
        7. Luar Negeri : 9
        8. Reserved : 7 - 8

Pemberian NPSN pada sekolah tidak dilakukan secara manual, melainkan disediakan oleh sebuah sistem manajemen yang terpusat, terpadu, dan terintegrasi secara nasional untuk menghindari kesalahan pemberian NPSN.


Untuk Sekolah

Kelengkapan:
1. Formulir Pengajuan NPSN - Dapat diunduh pada Menu UNDUHAN
2. SK Pendirian Sekolah
3. SK Operasional Sekolah

#. Sekolah memberikan kelengkapan tersebut kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
#. Dinas memberikan hasil scan formulir dan SK kepada PDSP melalui email.
(Dengan catatan: Dinas Pendidikan Kab/Kota Setempat sudah aktif sebagai Admin).
#. Setelah PDSP menerima email dari Dinas maka PDSP akan memberikan NPSN baru kepada Dinas melalui email kembali.
#. Jika Dinas belum aktif sebagai Admin maka formulir dan SK tersebut dapat dikirimkan ke email: npsn.kemdikbud@gmail.com atau pdsp@kemdiknas.go.id dengan sepengetahuan dari Dinas Pendidikan Kab/Kota (Surat Keterangan dari Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat)

Untuk Dinas Pendidikan Kab/Kota

#. Semua Formulir Pengajuan NPSN, SK Pendirian Sekolah, SK Operasional Sekolah dari masing-masing sekolah dikumpulkan di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Dinas menyerahkan rekap daftar sekolah yang mengajukan NPSN dalam Format Excel (Dapat diunduh pada Menu UNDUHAN) kepada PDSP melalui email.
#. Setelah PDSP menerima email dari dinas maka PDSP akan memberikan NPSN baru kepada Dinas melalui email kembali

NPSN yang sudah diajukan dapat dilihat di Website NPSN (http://npsn.data.kemdiknas.go.id) pada Kolom Pencarian.

  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah kode pengenal satuan pendidikan (sekolah) yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah d...
Arif Cahyadi Jumat, 12 Agustus 2011
ARIF CAHYADI

Misteri Matematika Teka-teki Matematika 120 Tahun Terpecahkan

Belasan matematikawan berhasil menyusun E8, sebuah struktur teoretis 248 dimensi.
Setelah empat tahun bekerja sama dengan intensif, 18 matematikawan terkemuka dan pakar komputer dari Amerika Serikat dan Eropa berhasil memetakan E8, salah satu struktur matematika terumit dan terbesar. Pemetaan ini diharapkan dapat digunakan untuk menguji teori tentang struktur alam semesta serta teori gabungan ruang, waktu, dan materi.baca selengkapnya


Jeffrey D. Adams, pemimpin proyek dan profesor matematika di University of Maryland, mengatakan E8 sebenarnya telah ditemukan lebih dari satu abad yang lampau, pada 1887. Namun, ia baru bisa dipecahkan sekarang karena tak seorang pun yang berpikir struktur itu bisa dimengerti.
Soal yang satu ini harus menunggu datangnya era superkomputer dan Internet hingga bisa dipecahkan. “Ini adalah pencapaian yang akan menjadi landasan, baik untuk kemajuan dalam pengetahuan dasar maupun perhitungan skala besar dalam memecahkan berbagai permasalahan matematika yang rumit,” kata Adams.
Pemetaan E8 ada kemungkinan punya implikasi yang tidak dapat diramalkan sebelumnya di bidang matematika dan fisika. Struktur E8 adalah induk kelompok Lie, yang ditemukan oleh Sophus Lie, matematikawan Norwegia abad ke-19, untuk mengeksplorasi simetri.


Bagi matematikawan dan fisikawan, simetri amat penting karena bisa memberikan wawasan yang amat mendalam untuk memahami sebuah masalah. Kelompok Lie adalah nama yang diberikan untuk sebuah kumpulan deskripsi matematis untuk membantu mengilustrasikan simetri dari sebuah obyek. Grup Lie untuk bidang bulat, misalnya, menggambarkan seluruh operasi matematika yang bisa dilakukan pada bidang itu tanpa mengubah penampilannya.


Teorinya, segala bentuk obyek simetris, seperti sebuah bidang bulat, adalah anggota kelompok Lie. Anggota kelompok ini adalah beberapa set transformasi yang terus-menerus tanpa mengubah penampilan sebuah obyek.
Sebuah bidang bulat, misalnya, bisa diputar pada jarak mana pun di sekitar porosnya dan tetap terlihat sama. Silinder, bola, atau kerucut adalah contoh obyek tiga dimensi simetris yang paling umum dan sederhana.
Ketika mempelajari struktur simetri dalam kelompok Lie, para matematikawan menemukan lima perkecualian dari empat kelas grup Lie itu. Salah satu struktur nyeleneh yang paling rumit dari kelompok Lie itu adalah E8, potongan origami geometris dalam 248 dimensi.


“E8 adalah simetri yang paling sulit,” kata David Vogan, profesor matematika di Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang terlibat dalam penghitungan itu. “Matematika selalu menawarkan contoh lain yang lebih susah daripada bentuk yang Anda amati sekarang, tapi untuk grup Lie, E8 adalah yang paling sulit.”
Biarpun sulit, pemecahan E8 memang layak diperjuangkan. Struktur ini diharapkan bisa menjadi landasan Teori Segalanya yang dicetuskan Albert Einstein dalam upaya menggambarkan alam semesta kita. Pada saat ini para pendukung Teori Dawai (String Theory) mencari teori alam semesta dengan menghitung E8 x E8.
Mengingat luasnya alam semesta, tak mengherankan jika magnitudo kalkulasi E8 ini amat besar, jauh lebih besar dibanding Proyek Genom Manusia. Genom manusia, yang mengandung seluruh informasi genetik sebuah sel, besarnya kurang dari satu gigabita. Sedangkan hasil penghitungan E8, yang berisi semua informasi tentang struktur itu, berukuran 60 gigabita.


Ukuran ini cukup untuk menyimpan musik dalam format MP3 selama 45 hari tanpa berhenti. Jika disalin di atas kertas, jawaban hitungan ini akan menutupi area seluas Manhattan, Amerika Serikat, yakni 61 kilometer persegi.
Sebuah gambar E8 dengan ketajaman rendah yang dikeluarkan MIT memperlihatkan struktur mirip tenda sirkus beraneka warna, seperti mainan konstruksi anak-anak dengan tiang-tiang yang saling berhubungan. “Kami tak pernah berharap bisa merepresentasikan struktur itu seutuhnya karena ini adalah abstraksi matematis,” kata ilmuwan Belanda, Marc van Leeuwen, dari University of Poitiers, Prancis.


Van Leeuwen mengatakan dari struktur itu memang bisa dibuat beberapa gambar yang bagus. “Tapi selembar kertas hanya dua dimensi sehingga Anda tak akan pernah bisa melihat obyek riilnya.”
Meski abstrak dan sulit dibayangkan, fisikawan Hermann Nicolai dari Max Planck Institute for Gravitational Physics di Potsdam, Jerman, menganggap E8 sebagai struktur matematika paling indah. “Tapi sangat kompleks,” ujarnya.


Apa Itu E8?


Obyek ini dianggap memiliki struktur matematika paling simetris di alam semesta. Namun, para pakar matematika dan fisika yang berhasil membuatnya sekalipun tak bisa menggambarkan deskripsinya dengan kata-kata. “Bentuk ini sangat abstrak,” kata Jeffrey D. Adams, profesor matematika di University of Maryland, Amerika Serikat.
Brian Conrey, Direktur Eksekutif American Institute of Mathematics, yang menjadi sponsor proyek itu, menyatakan benda ini memang tak bisa digambarkan. “Bentuknya semacam kurva, sejenis benda dengan permukaan yang berbentuk seperti donat,” kata Conrey. “Anda bisa memutarnya dalam berbagai cara dan yang menakjubkan ia selalu simetris.”


Sebuah situs milik American Institute of Mathematics menjelaskan E8 sebenarnya adalah empat benda yang berbeda tapi saling berhubungan. E8 adalah struktur pertama dari sistem akar yang luar biasa besar, sebuah set vektor dalam sebuah ruang vektor riil 8 dimensi.
Karena teramat besarnya E8, maka untuk mengetahui seluruh dimensi simetris dari obyek 57 dimensi ini diperlukan kalkulasi 200 miliar angka. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang matematikawan menghitungnya sehingga perlu 18 matematikawan serta satu superkomputer.
E8 adalah anggota grup Lie yang paling rumit karena merupakan obyek 57 dimensi yang amat simetris sehingga bisa diputar-putar dalam 248 cara tanpa mengubah penampilannya. aimath | NYTimes


Yang Menemukan Kebahagiaan


Untuk memecahkan masalah yang supersulit ini, matematikawan harus menanggalkan kebiasaan soliternya. Mereka harus berkolaborasi dengan belasan pakar matematika dan komputer lainnya. Dari dua benua yang dipisahkan Samudra Atlantik, mereka menggabungkan matematika teoretis dan program komputer yang ruwet.
“Literatur soal ini amat tebal dan sangat sulit dipahami,” kata David Vogan, profesor matematika di Departemen Matematika Massachusetts Institute of Technology. “Bahkan setelah kami mengerti dasar matematikanya, masih perlu waktu dua tahun untuk mengimplementasikannya di komputer.”
Kesulitan selama empat tahun berkutat dengan E8 itu diungkapkan Vogan dalam ceramah bertajuk “Tabel Karakter E8 atau Bagaimana Kami Menulis Matriks 453.060 x 453.060 dan Menemukan Kebahagiaan” di kampusnya.


Masalah yang paling membuat pusing kepala adalah menemukan komputer yang cukup besar untuk menyelesaikan kalkulasinya. Selama satu tahun penuh, tim itu berusaha merampingkan kalkulasi tersebut seribu kali lipat agar lebih efisien dan muat dalam superkomputer yang ada.
Meski mereka sudah bekerja keras, kalkulasi itu masih di luar batas kemampuan generasi mesin hitung paling mutakhir. Tepat ketika tim mulai kehilangan harapan bisa melihat realisasi hasil kerja mereka, salah seorang di antara mereka mempunyai gagasan untuk membagi-bagi perhitungan itu menjadi beberapa kelompok sehingga bisa dikalkulasi secara terpisah.
Hasil dari tiap kelompok kemudian digabungkan untuk mencari cara penyelesaian terakhir. Untuk mencari kalkulasi final sebuah matriks 453.060 x 453.060 sel itu, superkomputer Amerika, Sage, membutuhkan waktu 77 jam.


Namun, seperti diungkapkan Vogan, pada akhir perjuangan itu tim Atlas yang beranggotakan 18 orang ini memang menemukan kebahagiaan. Meskipun salah seorang di antara mereka, ilmuwan Prancis, Fokko du Cloux, meninggal pada 2006, setahun sebelum teka-teki rumit ini terpecahkan.
Terobosan ini adalah kemajuan amat penting dalam ilmu fisika karena dapat dipakai untuk menguji teori kunci tentang berbagai simetri fundamental di alam. Di antara berbagai simetri yang diperdebatkan itu adalah bentuk kosmos, yang diciptakan suatu ledakan besar 13 miliar tahun lampau dan partikel dasar itu sendiri, kata Hermann Nicolai, Direktur Albert Einstein Institute di Potsdam, Jerman.

Sumber : Koran Tempo (26 Maret 2007)

Belasan matematikawan berhasil menyusun E8, sebuah struktur teoretis 248 dimensi. Setelah empat tahun bekerja sama dengan intensif, 18 ...
Arif Cahyadi Jumat, 05 Agustus 2011
ARIF CAHYADI

Perbedaan Url menggunakan http dengan https


Pernahkah anda memperhatikan url dari sebuah alamat website atau homepage? Sebuah alamat url biasanya diawali dengan http://. Tapi apakah anda pernah menjumpai alamat url yang diawali dengan htts://.

Nah, apakah yang menjadikan perbedaan antara http dan https? Kalau dilihat dari kepanjangannya, HTTP berarti hyper text transfer protocol. Sedangkan HTTPS berarti hypertext transfer protocol secure. Nah dari sini sudah jelas perbedaannya bukan? Sebuah halaman web atau homepage yang diawali dengan https:// merupakan sebuah web yang membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi terhadap data-data / informasi yang terdapat dalam web tersebut. Sehingga memberikan perlindungan kepada si empunya website atau pengunjung yang melakukan input informasi penting ke dalamnya.


Contoh website yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi adalah PayPal (https://www.paypal.com). Menurut Paypalindonesia, "PayPal merupakan salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman." Ternyata url yang berbeda memiliki tujuan dan maksud tertentu. Contoh lainnya adalah https://www.google.com/adsense.

Dengan melihat pada url sebuah situs, kita sudah bisa menentukan mana situs yang memiliki keaman dan mana yang tidak. Jika anda menjumpai sebuah website yang meminta anda untuk memasukkan nomor kredit anda, maka perhatikanlah url-nya terlebih dahulu apakah diawali https:// atau tidak. Jika tidak maka jangan sekali-kali anda memasukkan nomor kartu kredit anda. Bila hal itu anda abaikan, maka jangan pernah berharap anda dapat tidur tenang.

Berikut ini akan dijelaskan perbedaan antara HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure), langsung saja:

HTTP

HTTP adalah dasar komunikasi data untuk World Wide Web (WWW). Setiap kali kita membuka website / halaman web kita akan menggunakan protokol ini.
Sisi client meminta sisi server untuk membuka komunikasi pada port 80, port terbuka sisi server 80 dan di sisi client port acak terbuka.
Berikut ini adalah gambar ketika aku membuka http://www.kaskus.us dan melihat port yang terbuka menggunakan netstat-an.


Seperti yang bisa kita lihat dari gambar, komputer klien membuka port lokal acak dan port terbuka 80 pada sisi server.
Apakah HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) Aman?
Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat eksperimen di bawah ini.

Dalam percobaan ini, ada 2 orang dalam satu jaringan nirkabel dan BadGuy NiceGuy. NiceGuy mencoba untuk membuka http://friendster.com kemudian login ke dalamnya. Di tempat berbeda, BadGuy dalam jaringan nirkabel yang sama dengan NiceGuy seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

BadGuy menggunakan Wireshark untuk menangkap data paket semua ditransmisikan ke / dari titik akses. Dalam hal ini BadGuy hanya mengumpulkan dan melihat data paket yang dikirim oleh orang lain.
Berikut adalah gambar ketika NiceGuy memasukkan username (email) dan password di friendster.com

Dan kemudian data berhasil ditangkap oleh BadGuy menggunakan Wireshark dengan Username: niceguy@yahuu.com dan password: heremypass.
Kesimpulan HTTP
Data paket yang dikirim menggunakan HTTP tidak terenkripsi, siapapun dapat melihat data dalam teks biasa seperti BadGuy lakukan. Itulah mengapa tidak menggunakan HTTP untuk perbankan atau transaksi di internet, dan juga itu tidak dianjurkan jika Anda membuka website halaman login yang menggunakan HTTP pada jaringan publik seperti area hotspot nirkabel.

HTTPS

HTTPS adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS) untuk menyediakan komunikasi terenkripsi antara web server dan klien. Biasanya HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login, dll
Protokol ini menggunakan port 443 untuk komunikasi. Website yang sudah menggunakan protokol ini GMail.com, dan juga situs-situs lain seperti PayPal, Amazon, dll.
Mari kita lihat hubungan antara komputer kita dan web server ketika kita membuat koneksi menggunakan HTTPS menggunakan netstat-an.

Seperti yang bisa kita lihat dari gambar, komputer klien membuka port lokal acak dan port terbuka 443 pada sisi server.
Apakah HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) Aman?
Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat eksperimen di bawah ini. Dalam percobaan ini, ada 2 orang dalam satu jaringan nirkabel dan BadGuy NiceGuy.
NiceGuy mencoba untuk membuka http://gmail.com kemudian login ke dalamnya. Di tempat berbeda, BadGuy dalam jaringan nirkabel yang sama dengan NiceGuy seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Ketika BadGuy mencoba untuk menangkap data paket semua untuk / dari titik akses, maka akan berbeda bila menggunakan koneksi HTTPS untuk NiceGuy.
Untuk keterangan lebih jelas, mari kita lihat gambar di bawah ini ketika Input NiceGuy username dan password pada halaman login Gmail.

Seperti yang dapat Anda lihat dalam gambar di atas, itu menggunakan https untuk koneksi antara klien dan server web. Kemudian kita akan melihat apa yang BadGuy lakukan setelah NiceGuy menggunakan HTTPS untuk koneksi nya.
BadGuy menyukai tools seperti Wireshark, jadi dia mencoba lagi untuk menangkap data dan berharap ada sesuatu yang menarik di sana.

BadGuy tidak menemukan data polos, setiap data kirim ke / mengirim dari server dienkripsi. Gambar di atas adalah informasi login (mungkin) data yang telah ditangkap oleh BadGuy, tapi saya pikir BadGuy tidak dapat mematahkan data dienkripsi hanya dalam beberapa hari / bulan / tahun atau mungkin kita bisa disebut “tidak mungkin” (kita masih tidak tahu kapan waktu yang mungkin untuk masuk ke dalamnya).

Kesimpulan HTTPS
Data paket dikirim menggunakan HTTPS dienkripsi, orang tidak dapat melihat data paket dalam jaringan publik. Itu sebabnya HTTPS biasanya digunakan untuk perbankan atau transaksi di internet, dan halaman juga login atau halaman lain perlu untuk mengenkripsi data.

Semoga tulisan ini memperjelas kita semua

Pernahkah anda memperhatikan url dari sebuah alamat website atau homepage? Sebuah alamat url biasanya diawali dengan http://. Tapi apakah a...
Arif Cahyadi Rabu, 03 Agustus 2011