Pusat Pembelajar Dunia Maya

Selasa, 16 Agustus 2011

Balita yang Sensitif Angka Bisa Lebih Jago Matematika

Vera Farah Bararah - detikHealth

Berbagi informasi terkini dari detikcom


img
(Foto: thinkstock)
Baltimore, Kemampuan matematika ternyata adalah bawaan lahir seseorang. Biasanya anak-anak yang jago matematika sudah memperlihatkan ketertarikannya soal angka atau faktor 'number sense' sejak balita.

Studi terbaru yang dilakukan peneliti dari Johns Hopkins University di Baltimore menuturkan bahwa ada orang yang memang dilahirkan untuk jago atau justru tidak pandai matematika, karena kemampuan matematika terkait dengan faktor bawaan dari lahir dari 'number sense' atau sensitivitas terhadap angka.

Umumnya 'number sense' ini dimiliki oleh semua hewan termasuk manusia. Pada manusia kemampuan ini digunakan untuk memperkirakan berapa banyak jumlah orang atau kursi, sedangkan pada hewan digunakan untuk melacak berapa banyak makanan yang sudah dikumpulkannya.

"Hubungan antara 'number sense' dan kemampuan matematika seseorang adalah suatu hal yang penting," ujar peneliti Melissa Libertus, seperti dikutip dari Healthland.Time, Senin (15/8/2011).

Dalam studi ini peneliti melibatkan 200 anak-anak yang rata-rata berusia 4 tahun. Anak-anak ini diberikan sejumlah tes untuk mengetahui kemampuan matematikanya yang terdiri dari keterampilan penomoran, angka, kemampuan berhitung dan kemampuan lainnya.

Misalnya anak-anak ini diminta menghitung jumlah titik biru dan kuning yang ada di layar komputer dan mencaritahu titik mana yang paling banyak, lalu anak-anak ini juga diminta menentukan mana angka yang lebih besar atau lebih kecil.

Hasil yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Developmental Science menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan skor tinggi dalam menghitung titik juga memiliki hasil yang maksimal dalam ujian matematika lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa kemampuan matematika yang mungkin terkait dengan 'number sense' yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir. Meski begitu peneliti belum mengetahui dengan pasti hubungan yang terjadi tersebut.

Libertus dan rekan berharap hasil ini bisa menjadi titik lompatan untuk melihat lebih dalam apakah pelatihan tertentu bisa meningkatkan 'number sense' yang dimiliki anak sehingga bisa memperbaiki kemampuan matematikanya.
Lokasi: Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Nam cu odio vocibus, cu eam graece iisque. Ius ceteros antiopam cu, per cibo illud verear an

@Arif Cahyadi, 2012. Diberdayakan oleh Blogger.
...

Featured Posts

Multimedia Updates

About Me

Sebuah catatan belajar untuk diri sendiri dan orang lain yang akan memanfa'atkannya

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Search This Blog

Follow by Email

Responsive Ads Here

Trending Now

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.

Follow Us

test

Definition List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Pages

Latest Results

Video

About

Pages - Menu

Popular Posts

Copyright © ARIF CAHYADI Center | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com